Senin, 06 Agustus 2007

Bagaimana sih mencari modal usaha ??

Kalau Anda seorang wirausaha atau ingin menjadi wirausaha, sebagian dari Anda pasti pernah mengajukan kredit usaha dari lembaga keuangan seperti bank. Hasilnya ada yang berhasil ada juga yang tidak.
Mencari pinjaman memang bukan hal yang mudah, karena cukup banyak persyaratan yang harus dipenuhi. Namun sebenarnya meminjam untuk modal usaha tidak harus ke bank. Untuk itu ada beberapa hal yang harus dipahami.

Pertama, apa usaha Anda adalah usaha baru dirintis atau sudah berjalan?
Kalau sudah berjalan mungkin akan lebih mudah. Namun biasanya harus sudah berjalan minimal 3 tahun.

Kedua, apa usaha Anda sudah berbadan hukum (PT,CV atau Perseorangan) ?
Jika belum memang sulit, oleh karena itu sebaiknya penuhi dulu aspek tersebut.

Apabila salah satu atau kedua-duanya dari kedua aspek tersebut tidak dipenuhi, maka sudah jelas Anda sangat sulit atau tidak bisa mendapatkan pinjaman dari bank tapi mungkin tidak mesti ke bank, lantas siapa?

“Angel Investor”
Yang dimaksud Angel Investor ini adalah pihak-pihak non bank yang bisa dijadikan tempat mencari modal usaha atau tambahan modal usaha.

Pertama, saudara. Karena ikatan emosional yang kuat dan karena prinsip menolong.

Kedua, teman. Karena hubungan pertemanan yang cukup baik dan hubungan emosional yang kuat. Teman yang layak dijadikan tempat meminjam adalah yang sudah dekat dengan Anda dan keuangannya cukup memadai. Namun sebaiknya Anda tetap memperlakukan pinjaman tersebut secara profesional atau ada pembagian keuntungan.

Ketiga, kenalan. Motif kalangan ini kebanyakan karena imbalan atau pembagian keuntungan. Sepanjang Anda mampu menjanjikan pembagian keuntungan yang besar, peluang Anda juga akan semakin besar untuk mendapatkan pinjaman modal.

Keempat, pihak-pihak yang disebut sebagai “Angel Investor”. Kalangan ini memberi bantuan tidak berdasarkan materi atau imbalan, tapi karena memang ingin menolong Anda untuk memiliki usaha atau memperoleh tambahan modal usaha.
Jika Anda mendapatkan bantuan dari kalangan ini, jelas Anda beruntung, namun juga perlu dicermati lagi.

Ataupun kepada pihak-pihak tersebut Anda bisa menawarkan kerjasama bagi hasil atau pembagian saham (join).

Kendati memang ada pihak-pihak yang dapat membantu Anda untuk meminjam modal usaha tanpa persyaratan yang cukup rumit, bukan berarti Anda bisa mudah memperolehnya dan tidak profesional. Oleh karena itu Anda tetap harus persiapkan rencana usaha Anda dengan baik dan profitable. Dengan perencanaan bisnis (business plan) yang baik, Anda akan dianggap serius dan profesional sehingga mudah mendapat kepercayaan.
Selamat mencoba!

Tidak ada komentar: